Ubuntu Ultimate 2.5. Just Once Install for More Application.

Ubuntu Ultimate 2.5 merupakan distro linux yang berbasiskan ubuntu 9.10 (karmic koala).  Menawarkan beragam aplikasi yang lebih lengkap dan look like yang eye catching. Buat newbie seperti saya, kehadiran distro linux ini benar-benar menawarkan kemudahan untuk mencoba dan mempelajari linux. Just once click for more application, tanpa harus melakukan instalasi aplikasi dan tuning lebih lanjut (apalagi jika kebutuhan dasar kita menggunakan linux hanya seputar mengetik, mendengarkan musik dan menonton film).

Sejujurnya tidak semua aplikasi yang ada ketika distro ini di instal ke komputer saya, saya gunakan (karena awalnya kebutuhan saya hanya seputar mengetik, mendengarkan musik & menonton video). Hingga ketika kebutuhan saya menggunakan linux mulai lebih spesifik (programming & web editing), saya baru menyadari bahwa distro ini juga telah menyertakan seabreg aplikasi untuk ini seperti anjuta dan bluefish.

Tapi ada yang kurang ternyata. Ngga puas rasanya jika tidak melakukan instalasi aplikasi & tuning sendiri :-),  apalagi jika kita menginginkan sebuah distro linux yang hanya benar-benar berisi aplikasi yang kita butuhkan. Jadi saya mulai belajar mengenal beberapa administrasi dasar linux, minimal untuk melakukan instalasi dan tuning baik melalui shell atau GUI yang telah disediakan.

Seribu kepala punya seribu pendapat, yang jelas melakukan instalasi dan tuning dari scratch benar-benar memuaskan hati. Jadi kebayang gimana susahnya developer ubuntu ultimate ini buat develop distro ini buat newbie seperti saya ini :-). You gonna love this distro at first sight, seperti saya :-). Berikut ini beberapa keterangan singkat yang saya dokumentasikan tentang distro ini.

  • Anda bisa menggunakan repo ubuntu 9.10 untuk menambahkan beberapa aplikasi yang anda butuhkan.
  • Anda bisa mencobanya secara live sebelum menginstal nya secara penuh ke hardisk.
  • Karena distro ini merupakan distro turunan ubuntu 9.10 maka proses administratif nya menyerupai ubuntu 9.10 baik untuk melakukan instalasi aplikasi dan tuning lebih lanjut.
  • Untuk info lebih lanjut baik dokumentasi, faq, dukungan forum & komunitas, silahkan merujuk kepada situs resminya di http://ultimateedition.info/
  • Untuk mendownloadnya di link berikut ini http://sourceforge.net/projects/ultimateedition/files/

Berikut ini merupakan beberapa screenshoot dari Ubuntu Ultimate 2.5

2 responses

  1. Saya jadi pengin nieh… ubuntu saya gak bisa install package wvdial, jadi ga bisa install berbagai macam aplikasi.
    Tapi sayang CD iso nya sulit di cari, mau download terlalu besar file isonya, ditambah koneksi internet yang lemot.

  2. @ mas puji : jika memang mas berminat untuk mendapatkan dvd installer nya, dulu sebelum saya memiliki akses internet saya biasanya membeli cd linux nya secara online di gudanglinux.com atau juraganlinux.net. KIni setelah saya memiliki akses internet yang cukup, saya beralih jadi mendownloadnya saja dan mencobanya sehingga saya bisa menginformasikan kepada teman-teman pengguna linux lainnya seperti postingan ini. Semoga bermanfaat mas puji, terima kasih atas kunjungan nya ke web blog saya :-).

Leave a Reply

